Sekilas HSG Khoiru Ummah

Latar Belakang Berdirinya HSG Khoiru Ummah

 Keprihatinan sekelompok orang tua terhadap generasi muslim saat ini, yang semakin rentan terhadap pengaruh peradaban buruk “Barat”, yang kapitalis, sekularis dan liberalis. Mereka tidak memiliki jati diri sebagai generasi muslim yang mandiri., sholeh dan cerdas. Apatah lagi sebagai generasi pemimpin, generasi khoiru ummah, pembangun peradaban mulia (Islam) di tengah-tengah kehidupan manusia.

 Kepedulian dan rasa tanggung jawab sekelompok orang tua untuk meyelamatkan anak-anaknya dari pengaruh buruk peradaban “Barat”, agar tidak terjerumus ke dalam jurang kerusakan berpikir, kebobrokan moral, dan keburukan perilaku yang mewajarkan berbuat ma’shiyat kepada Allah SWT. Dengan kata lain menyelamatkan anak-anaknya dari api neraka.

 Rasa tanggung jawab sekelompok orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, yakni pendidikan berbasis aqidah Islam, yang menjadikan Al Qur’an dan Al Hadits sebagai sumber utama ilmunya.

 Kepedulian dan rasa tanggung jawab sekelompok orang tua untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang shaleh dan cerdas, sehingga kelak menjadi aset di dunia (qurrata a’yun dan berbakti kepada orang tua) dan aset di akhirat (pembuka pintu surga bagi kedua orang tuanya)

 Rasa tanggung jawab sekelompok kaum muslim untuk melahirkan kembali generasi pemimpin, generasi khoiru ummah, pembangun peradaban mulia (Islam) di tengah-tengah kehidupan manusia.


Tujuan Pendidikan HSG Khoiru Ummah:

1. Mempersiapkan generasi muslim yang mencintai Allah dan Rasul-Nya diatas kecintaan kepada yang lain.
2. Mempersiapkan generasi muslim yang mencintai Al Qur’an.
3. Melahirkan anak-anak penghafal Al Qur’an (Hafizh dan Hafizhoh).
4. Melahirkan anak-anak yang memilki pola pikir dan pola sikap Islami.
5. Melahirkan anak-anak yang mempunyai kemampuan berpikir ijtihadi.
6. Melahirkan anak-anak yang cinta ilmu.
7. Mewujudkan generasi unggul berjiwa pemimpin.
8. Meletakkan dasar bagi terbentuknya kompetensi anak sebagai “Ulul Albab”.
9. Meletakkan dasar bagi terbentuknya  generasi faqih fiddin, yang mempunyai kompetensi sebagai ulama, ilmuwan, pemimpin pengusaha dan penulis.
10. Meletakkan dasar bagi terbentuknya generasi pemimpin, generasi khioru ummah.

Visi HSG Khoiru Ummah

“Terdepan dalam mewujudkan generasi pemimpin, generasi khoiru ummah, pembangun peradaban mulia (Islam).”

Misi HSG Khoiru Ummah

1. Mensosialisasikan konsep pendidikan Islam ditengah-tengah masyarakat.
2. Memotivasi para orang tua agar mendidik anaknya berdasarkan konsep pendidikan Islam.
3. Mencerdaskan para orang tua agar memahami arah dan konsep pendidikan generasi dalam Islam.
4. Mencerdaskan orang tua agar siap dan mampu mendidik anaknya dengan baik menjadi anak yang shaleh, cerdas, inovatif, dan berjiwa pemimpin.
5. Mencerdaskan orang tua agar siap menjadi teladan, serta mampu menjadi guru pertama dan utama bagi anak-anaknya.
6. Menerapkan konsep pendidikan Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran anak di HSG Khoiru Ummah.
7. Melaksanakan proses pembelajaran yang membangun kecerdasan akal da kesadaran anak untuk siap melaksanakan keta’atan kepad Allah SWT.
8. Mengembangkan uslub-uslub pembelajaran yang kreatif, sehingga anak senang belajar dan mudah memahami pelajaran.
9. Melatih anak untuk siap menjalankan pola hidup Islami, pola hidup sehat dan berkah.
10. Membangun sinergi dengan para orang tua untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak shaleh, cerdas, inovatif, dan berjiwa pemimpin.
11. Membangun sinergi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mendidik anak-anak kaum muslim menjadi anak-anak yang shaleh, cerdas, inovatif, dan berjiwa pemimpin.

Profil Lulusan HSG Khoiru Ummah

1. Memiliki kepribadian Islam (syakhshiyah Islamiyah)
2. Faqih fid Diin
3. Terdepan dalam Sains dan Teknologi
4. Berjiwa Pemimpin

Keunggulan HSG Khoiru Ummah

1. Memposisikan anak sebagai makhluk yang berakal dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran diarahkan untuk mencerdaskan akal anak dan membangun rasa percaya diri anak untuk berprestasi sehingga anak cerdas dan taqwa.
2. Membangun sikap dan perilaku Islami anak lewat proses penyadaran dan pembentukan pemahaman, bukan doktrin dan paksaan.
3. Menerapkan metode “TALQIYAN FIKRIYAN” sebagai metode pembelajaran. Semua ilmu yang diajarkan diarahkan untuk membangun pemahaman dan membentuk pola pikir anak. Semua ilmu diajarkan untuk mencerdaskan akal dan meningkatkan taraf berpikir anak, sehingga anak mampu menggunakan ilmu tersebut untuk menyelesaikan masalah kehidupan.
4. Menerapkan “Kurikulum Berbasis Aqidah Islam”. Artinya: semua ilmu yang diajarkan diintegralkan dengan aqidah Islam, sehingga semua ilmu terlebih dahulu dipastikan kebenarannya sebelum diajarkan pada anak. Kurikulum disusun sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan perkembangan usia. Semua pelajaran dirancang agar memberi pengaruh yang baik terhadap perilaku anak.
5. Materi pelajaran disesuaikan dengan level berpikir anak, sehingga pelajaran tidak menjadi beban bagi anak.
6. Guru menyampaikan pelajaran dengan bahasa yang jelas, sistematis, dan ahsan sesuai usia dan taraf berpikir anak. Sehingga anak mudah memahami pelajaran dan termotivasi mengamalkan ilmu yang dipelajari.
7. Manajemen sekolah menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk membangun rasa percaya diri yang tinggi pada anak.
8. Manajemen sekolah membangun sinergi guru dan orang tua menggali potensi anak untuk melejitkan prestasinya tanpa beban.
9. Sekolah menata pola kegiatan harian anak mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali menjadi pola hidup Islami, pola hidup sehat, dan berkah.
10. Evaluasi hasil belajar tidak sebatas kecerdasan kognitif, melainkan meliputi kecerdasan berpikir, peningkatan taraf berpikir, ketinggian (kemuliaan) sikap dan perilaku sehari-hari.

Tahapan Pembelajaran Pada HSG Khoiru Ummah

I. HSG Khoiru Ummah setara Play Group/TK (untuk anak usia 3-6 tahun)
II. HSG Khoiru Ummah setara SD (untuk anak usia 6-12 tahun)
III. HSG Khoiru Ummah setara SMP (untuk anak usia 12-15 tahun)
IV. HSG Khoiru Ummah setara SMA (untuk anak usia 15-18 tahun) sekarang belum ada, menunggu lulsan dari HSG Khoiru Ummah setara SMP.

Tahapan Proses Peningkatan Taraf Berfikir

BERDASARKAN TAHAPAN PEMBELAJARAN
1. Tingkat Play/group/TK :
-  menstimulan kemampuan berpikir anak
2. Tingkat SD  :
-  pembentukan pola pikir pada anak
-  Membangun kemampuan berpikir benar pada anak
3. Tingkat SMP  :
-  penguatan pola pikir anak
-  Penguatan kemampuan berpikir benar pada anak
-  Membangun kemampuan berpikir serius pada anak
4. Tingkat SMU  :
-  penguatan kemampuan berpikir serius pada anak
-  Pembentukan kemampuan berpikir politik pada anak

Kompetensi Lulusan HSG Khoiru Ummah setara SD

1. Hafal Al Qur’an minimal 3,5 juz (juz ‘amma dan surat Al baqarah).
2. Percaya diri tinggi, berani tampil dihadapan public.
3. Mampu berbahasa secara sistematis dan ahsan.
4. Mampu membaca Al Qur’an dengan tartil.
5. Mampu berbicara dalam bahasa Arab yang sederhana.
6. Mampu membaca tulisan Arab gundul dengan bahasa yang sederhana.
7. Mampu berfikir sistematis dan benar.
8. Siap menyelesaikan masalahnya dengan syari’at Islam
9. Memiliki kesadaran melaksanakan shalat lima waktu dan ibadah madloh lainnya.
10. Memiliki kesadaran untuk menjalani pola hidup Islami, pola hidup sehat dan berkah.
11. Memiliki semangat yang timggi untuk menjadi yang terbaik (fastabiqul khairoot).
12. Siap menjadi orang dewasa, yang mandiri dan bertanggung jawab memenuhi kebutuhannya serta menjalankan kewajibannya.
13. Berani dan mampu melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar kepada anak-anak seusianya.
14. Siap memimpin komunitasnya.
15. Mampu membuat konsep ceramah / karya tulis sederhana.
16. Senang berkarya, kreatif dan inovatif dalam berkarya.

Kurikulum HSG Khoiru Ummah setara SD

Kompetensi Dasar:
- Tahfizhul Qur’an (minimal 6 juz)
- Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris)

Kompetensi Inti/Utama:
- Tsaqofah Islam : Baca tulis Qur’an, Tahsinul Qur’an, Aqidah, Syari’ah (Ibadah Madloh, Akhlak, Mu’amalah), Dakwah Siroh Nabi, dan Tarikh Islam.

Kompetensi Penunjang:
- Sains
- Matematika
- Geografi
- Ekstrakurikuler (Olah raga; Implementasi sains, matematika, geografi dalam bentuk percobaan, kunjungan lapangan dan berkarya. Siswa juga belajar mendokumentasikan semua bahan dan alat yang digunakan, serta tahapan dan hasil akhir proses yang dilakukan. Kemudian siswa mempresentasikannya di depan kelas).

Waktu Belajar HSG Khoiru Ummah setara SD

- Belajar lima hari dalam seminggu, hari Senin-Jum’at.
- Setiap hari masuk pukul 07.30 – 14.00 untuk kelas 1-6, kecuali hari senin masuk pukul 07.00

Program Unggulan HSG Khoiru Ummah setara SD

1. Senam sehat setiap hari sebelum belajar, agar anak sehat dan segar. Sehingga siap dan bersemangat untuk belajar.
2. Tahfizhul Qur’an setiap hari.
3. Shalat Sluha dan Dzuhur berjama’ah setiap hari. Siswa bergilir menjadi imam shalat.
4. Program makanan halal dan thayyib setiap hari
5. Membangun rasa percaya diri siswa setiap hari.
6. Melatih siswa setiap hari melaksanakan pola hidup Islami, yakni pola hidup sehat, teratur dan berkah. Sekolah mengarahkan pola kegiatan harian anak yang harus dilaksanakan mulai bangun tidur sampai tidur kembali.
7. Membangun sinergi dengan orang tua agar orang tua senantiasa berperan memotivasi, mengarahkan dan mendampingi siswa melaksanakan aktivitas di rumah sesuai dengan pola kegiatan harian yang telah ditetapkan sekolah.
8. Memantau perkembangan sikap dan perilaku siswa di rumah sebagai bahan evaluasi terhadap pengaruh pembelajaran yang ada di sekolah.
9. Program ekstrakurikuler setiap jum’at. Program ini melatih siswa mampu kerja team, tanggung jawab, kepemimpinan, kreativitas dan inovasi.
10. Program diklat dan parenting bagi orang tua. Tujuannya: Menyamakan persepsi antara pengelola HSG Khoiru Ummah dengan orang tua tentang kondep pembelajaran dan perkembangan anak, agar orang tua bisa berperan sebagai guru di rumah.



1 komentar: